Alumni PPG Pasca SM3T, Layak Diusung Sebagai Guru Profesional

Program Profesi Guru tahun 2013-2014 telah dilaksanakan dibeberapa LPTK yang dipercaya oleh pemerintah. Total seluruh LPTK penyelenggara telah menghasilkan sekitar 2.000 guru profesional. Guru yang mengikuti PPG ini adalah dari jalur SM3T, yaitu mengikuti program resmi Kemdikbud untuk mengatasi permasalahan kependidikan di daerah pelosok Indonesia.
Pengabdian dan dedikasi para guru SM3T kemudian diapresiasi oleh pemerintah melalui Program Profesi Guru. Guru SM3T diberikan beasiswa mengikuti PPG selama 1 tahun.

PPG yang dilaksanakan oleh LPTK menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Para peserta PPG selama setahun menjalani 6 bulan workshop, mulai jam 07.30 pagi hingga pukul 17.00 sore. Bukan mudah menjalani PPG karena selama itu pula peserta dituntut untuk mengembangkan materi dan perangkat pengajaran. Tentu saja PPG sangat berbeda dengan PLPG yang rata-rata hanya dilaksanakan 10 hari.

Setelah melalui workshop, peserta PPG harus mengaplikasikan berbagai idealisme pembelajaran pada workshop di sekolah melalui kegitan PPL selama 6 bulan. Tuntutan pada PPL pun luar biasa berat, peserta PPG diharuskan mengadakan “open class” yang disaksikan oleh guru tekait dan dosen. Tugas lainnya adalah membuat PTK dan laporan manajemen sekolah di tempat praktik. Progress selama PPL kemudian diuji dengan Uji Kinerja di akhir PPL. Uji Kinerja menghadirkan guru MGMP, kepala sekolah, dan dosen sebagai penilai.

Kerja keras peserta PPG dalam workshop dan PPL belum berhenti. Justru di akhir PPG sudah menunggu dua ujian. Ujian tersebut adalah ujian tulis lokal dan ujian kompetensi online nasional. Ujian lokal dilaksanakan serentak seluruh indonesia dan disesuaikan kondisi LPTK. Ujian Online Nasional merupakan salah satu penentu lulus tidaknya peserta PPG. Hasil ujian online harus melebihi passing grade tertentu yang ditetapkan Kemdikbud, jika belum berhasil melewati ujian online maka peserta dinyatakan belum menjadi guru profesional.

Lulusan PPG yang sudah digembleng sedemikan rupa (bahkan dikatakan melebihi peserta PLPG), sudah seharusnya diperhatikan untuk mendidik putra putri Indonesia, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia meningkat.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.