Keuntungan Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal

Keuntungan apa yang anda dapatkan setelah setahun menjadi guru di daerah 3T?

“Keuntungan yang jelas diperoleh adalah pengalaman, keterampilan baru dan insting sebagai guru. Selama bertugas saya mengalami banyak hal baik dalam aspek sebagai guru ataupun dalam aspek kemsyarakatan. Dari banyak pegalam an baru tersebut, sebagian menjadi sebuah keterampilan. Sebagai contoh, saat di pulau Jawa saya tidak pernah mengupas kulit kelapa untuk mendapatkan santan. Namun hal ini berbeda kondisinya di daerah 3T, saya tidak menjumpai santan kemasan ataupun kelapa siap parut. Alhasil, saya mencoba mengupas kulit kelapa beserta batok selama 3 jam dan baju saya basah kuyup dengan keringat.”
“Insting sebagai guru sangat terasa ketika saya melihat seorang siswa mengerjakan sesuatu yang salah di sekolah. Dalam kondisi tersebut, saya merasa mendapatkan beban moral akan siswa tersebut. Saya merasa harus bisa menjadikan siswa tersebut lebih baik dan lebih baik lagi.”

Yan Surachman (Mantan SM3T di Lemarang, Kec.Reok Barat, Kab.Manggarai, NTT)

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.