Kamera 100 MP Karya China

Karya demi karya dilahirkan oleh bangsa tetangga China. Sebuah institut di China sukses mengembangkan sebuah kamera dengan chip CCD (charge-coupled device) 100-megapixel. Itu merupakan kamera ber-pixel tertinggi China saat ini, kata Chinese Academy of Sciences (CAS) dalam pernyataannya seperti dikutip kantor berita Xinhua.

 Kamera itu, IOE3-Kanban, dikembangkan oleh Institute of Optics and Electronics di bawah CAS dan bisa memproduksi gambar dalam 10.240 x 10.240 pixels.

Bentuknya kecil dan ringan, dengan bagian terpanjang berukuran hanya 19,3cm, kata CAS yang menambahkan bahwa perangkat itu bisa digunakan dalam temperatur dingin minus 20 derajat celcius maupun cuaca panas bersuhu 55 derajat celcius.

 Berfitur high sentivity and high dinamic range (HDR) yang artinya bisa digunakan untuk pencintraan resolusi tinggi di bidang pemetaan dari udara, perencanaan kota, pemantauan bencana, dan sistem transportasi cerdas. IOE3-Kanban dilengkapi sistem optik canggih, sistem kontrol kamera, dan sistem pencatatan data kapasitas tinggi, juga telah dibuktikan kemampuannya dalam percobaan terakhir sebagai bagian sistem remote-pengindraan udara nasional.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.