Spamdexing dan Jenisnya

Spamdexing merupakan cara-cara yang dilakukan untuk meningkatkan indeks (urutan) pada mesin pencari. Tujuan spandexing adalah supaya web atau blog mendapat urutan teratas di mesin pencari (khususnya Google Search).

Karena web atau blog yang tampil pada urutan teratas mesin pencari akan memiliki peluang besar untuk dikunjungi oleh user internet. Semaki banyak yang berkunjung makan traffik web/blog tersebut akan melejit dan menjadi kategori layak untuk pemasangan iklan. Dengan demikian, si webmaster tentu mendapat penghasilan tambahan dari web nya.

Tidak jarang sejumlah web atau blog menggunakan cara-cara yang menjebak internet user. Berikut ini yang meruapakan tindakan spamdexing;

+ KONTEN SPAM,

Keywords Stuffing; merupakan tindakan yang mencantumkan keyword yang tidak bersangkutan dengan isi konten secara brutal. Misalnya, web atau blog kita yang membahas tentang kesehatan, tenyata kita mengunakan keywords yang tidak berhubungan dengan kesehatan semisal “download free antivirus”, “download film gratis” dst.

Unrelated Hidden Text; tindakan menyertakan kata-kata yang tidak ada sangkut paut nya dengan artikel, namun kata-kata tersebut diberi warna yang sama dengan dengan background sehingga tidak nampak dari luar. Dengan demikian, mesin pencari yang kurang cerdas akan mengikutkan kata-kata tersebut sebagai bagian dari konten site.

Meta Tag Stuff; yaitu tindakan menuliskan meta tag yang tidak berhubungan dengan konten yang ada di halaman web atau blog. Meta tag ini biasanya dipasang di awal kode HTML halaman. Mesin pencari robat biasanya menagmbil kata-kata yang berada pada meta tag untuk di jadikan bahan referensi penampilan halaman di mesin pencari.

Doorway Page; yaitu halaman yang memiliki konten berkualitas rendah, namun menyerupakan kata-kata yang ada di dalamnya dengan keywords populer yang sering dicari. Biasanya web atau blog yang demikian, bercirikan kata “Klik Disini Untuk Masuk”.

Scraper Site; tindakan menggenerate konten dari sumber lain (bukan konten asli dari web sendiri) menggunakan program yang bervariasi. Biasanya site yang seperti ini memiliki tujuan memperbanyak pengunjung, sedangkan halamannya di berikan bermacam-macam iklan.

Article Spinning; tindakan menulis artikel serupa artikel yang sudah ada dan memodifikasinya dengan tujuan menhindari pinalti/hukuman dari mesin pencari. 

+ LINK SPAM,


Link Spam; yaitu tautan yang berasal dari software yang secara otomatis meningkatkan SEO.

Hidden Link, yaitu tautan tersembunyi yang tidak nampak dari luar, sehingga pengunjung tidak sadar meng klik tautan tersebut, biarpun pengunjung halaman tidak berkenan.

Sybil Attack, yaitu pembuatan banyak web/blog menggunakan identitas berbeda oleh seseorang. Dimana masing-masing web/blog saling ditautkan untuk meningkatkan rating dari web/blog tersebut.

Spam Blog, yaitu pembuatan tautan blog-blog yang mengarah pada suatu web/site (dengan tujuan promosi dan sebagainya), dimana blog tersebut memiliki konten berkualitas rendah.

Page Hijacking, membuat halaman yang mengambil isi dari web terkemuka lalu mengarahkan (redirect) halaman tersebut kepada web perusak (malicious web).

Buying Expired Domain, membeli domain-domain terkenal yang hampir kadaluarsa, kemudian mengarahkannya (redirect) pada web/blog yang dimiliki.

Comment Spam, yaitu membuat pesan secara brutal baik di blog lain, forum, wiki atau buku tamu.

Nah, jika merujuk pada artikel diatas, bagaimana keadaan halaman anda?? Jika termasuk dalam kategori diatas, bisa-bisa web/blog kita terblokir atau dihapus secara sepihak oleh penyedia layanan. Walaupun demikian masih ada celah dan bug pada alogaritma mesin pembasmi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya web/blog yang masih eksis walaupun tergolong kategori diatas.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.