Menengok sekilas Google.com

Siapa yang tidak kenal dengan web yang satu ini? Si raja dunia internet di abad 20-an. Dialah Google. Google merupakan perusahaan yang awalnya berkcimpung di search engine, kemudian perkembangan pesat mereka alami sehingga memiliki berbagai anak cabang, berupa web-web dengan fasilitas tertentu.
Profit Google Inc. ini mencapai $14 billion per tahun, dalam bahasa Indonesia billion adalah triliun. Jika dihitung dengan kurs 1 USD = Rp. 10.000, maka keuntungan Google adalah 14.000.000.000 x 10.000 = Rp. 140.000.000.000.000,-. Wow, luar biasa banyak nolnya.


Setiap hari Google dikunjungi tidak kurang dari 40 ribu visitor. Google memiliki pengunjung terbesar dari USA (Amerika) yang notabene adalah markas google. USA memberikan sumbangsih 30% pengunjung untuk Google. Berarti setiap hari sekitar 13 ribu orang Amerika berkutat dengan Google dan internet. Sedangkan sumber traffic lainnya berasal dari India, Russia, Brazil, Jepang, Iran, Inggris Raya, Indonesia, Cina, Perancis dll. Perlu diketahui bahwa India, menyumbangkan 10% traffic untuk Google. Berikut ini gambar rerata audience Google;

Keunggulan:

  1. Google memiliki konten yang bagus, konten yang ditawarkan Google antara lain Google Search (layanan mesin pencari gratis yang dapat dimanfaatkan siapapun), Gmail (layanan email gratis yang bisa dimanfaatkan siapapun), GTalk (layanan chat, dapat menggunakan jika telah memiliki akun GMail), Google Drive, merupakan layanan gratis untuk share dokumen secara online. Google Plus, merupakan jejaring sosial yang dibuat oleh Google.
  2. Google memberikan penawaran yang bagus. semua konten Google tidaklah lepas dari kata gratis. Namun demikian, bukan berarti kualitas layanan yang diberikan Google asal-asalan. Hal inilah yang membuat user tidak jenuh menggnakan layanan Google.
  3. Google memiliki layanan pelanggan yang bagus. Selain memberikan layanan gratsi berkualitas, Google juga memberikan panduan yang jelas untuk seluruh penggunaan fitur yang merka miliki. Tidak ada user yang kebingungan saat memasuli layanan Google. kemudahan inilah yang menjadi poin penting layanan Google.
  4. Tampilan halaman Google mudah dimengerti. Cobalah kita kunjungi halaman-halaman Google mulai dari GMail, GSearch, GDrive dan GPlus. Tampilan halaman-halaman tersebut tidak banyak muatan, simple dan tidak noise. Tampilan yang sederhana membuat menu-menu Google mudah dimengerti oleh user.
  5. Halaman site memiliki akses yang cepat.

Keunikan:

  • Biarpun telah berkembang menjadi perusahaan super, Google tidak pernah menghentikan diversifikasi layanan mereka. Justru Google semakin menancapkan kuku mereka di dunia internet dengan membeli perusahaan-perusahaan lainnya.
  • Google tidak pernah menghentikan layanan gratis mereka, mungkin hal ini akan terus berlangsung hingga ada perusahaan lain yang membuat mereka bangkrut dan menutup semua layanannya.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.