Indonesia Perbanyak Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Isi Konten Lama

Walaupun sudah tergolong teknologi yang sudah cukup lama diterapkan oleh negara-negara lain. Pembangkit listrik tenaga surya nampaknya tetap menjadi pilihan alternatif untuk pemenuhan kebutuhan listrik nasional. Seperti yang ada di desa Bakled, Bangli, Provinsi Bali.

Unit PLTS 1MWp di Kabupaten Bangli dirancang terhubung dengan listrik PLN untuk tambahan listrik, sedangkan 4 unit masing-masing 15KWp tak terhubung PLN juga dibangun di daerah itu untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah pegunungan.
Diharapkan dengan adanya pembangunan PLTS ini, kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat sekitar menjadi terangkat.

Tenaga surya memang semestinya menjadi prioritas utama sumber energi, mengingat wilayah Indonesia terletak di sekitar khatulistiwa sehingga terus mendapatkan sinar mathari sepanjang tahun. Terlebih lagi sejumlah wilatah di Indonesia memilii curah hujan yang tidak terlalu tinggi, sehingga retensi penghalang sinar matahari pun hampir tidak ada. 


PLTS Bangli akan menjadi PLTS terbesar di Indonesia, menggeser PLTS Morotai yang berdaya 600 kWp yang telah dibangun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan PLTS terbesar di dunia di Perovo, Ukraina, maka PLTS Bangli hanya bisa memproduksi 1/100 daya yang dihasilkan PLTS Perovo. PLTS Perovo sendiri mampu menyuplai daya 600 MW, padahal Ukraina bukanlah daerah yang terkena sinar matahari sepanjang tahun. Jika demikian, mengapa kita menyia-nyiakan energi (sinar matahari) yang melimpah tersebut?

KONTEN KADALUARSA

Salam Terima Kasih

Salam semangat. Terima kasih telah mengunjungi website ini. Indomangga Plus adalah website yang memiliki topik Techno – Kesehatan yang mengedepankan pembahasan kreatif dan solutif. Terkait dengan hal itu, admin membuat keputusan untuk melakukan perombakan pada artikel lama. Indomangga Plus memutuskan untuk meng-UPDATE untuk artikel yang masih relevan. Sedangkan artikel yang tidak relevan, admin memberikan tanda bahwa artikel tersebut SUDAH KADALUARSA.

Status Artikel Ini

Artikel yang Anda baca ini merupakan artikel kadaluarsa yang sudah tidak bisa di-UPDATE lagi. Sehingga artikel ini tidak dapat lagi dijadikan (1) sumber referensi yang baik, (2) rekomendasi untuk melakukan suatu hal, dan (3) hanya menjadi koleksi artikel lama di Indomangga Plus.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.