Indonesia; Kapan Siapkan Misi Luar Angkasa

Lagi-lagi Indonesia selangkah tertinggal dari negara tetangga. Kali ini Indonesia tertinggal oleh India. Negara yang terkenal dengan produksi film Bollywood ini telah merancang misi luar angkasa ke Mars tahun ini. Padahal tidak jarang juga warga Indonesia mencibir film India “pamer perut”, nyatanya negara yang satu ini berkinerja baik pada pengembangan teknologi antariksa mereka.


India akan meluncurkan misi pertama ke Mars tahun ini, sebagai negara Asia yang sedang tumbuh untuk mengejar ketertinggalan dalam perlombaan ruang angkasa global bersama Amerika Serikat, Rusia, tetangga raksasanya, China.
“Beberapa misi ruang angkasa yang direncanakan untuk tahun 2013, termasuk misi pertama India ke Mars dan peluncuran satelit navigasi pertama kami,” kata Presiden India Pranab Mukerjee sebagaimana dikutip Reuters.

India akan meluncurkan satelit pada Oktober nanti dengan pewasat ruang angkasa tak berawak ke orbit planet merah.
Peluncuran dilakukan di pantai tenggara negara itu dalam misi yang diperkirakan memakan biaya 83 juta dolar, para ilmuwan yang menjadi bagian dari misi mengatakan. Pesawat ruang angkasa yang dibuat di India tersebut akan memakan waktu sembilan bulan untuk mencapai Mars dan kemudian melepaskan satelit menuju ke orbit sekitar 500km dari planet.

Program eksplorasi ruang angkasa India dimulai tahun 1962. Pada tahun lalu, satelit Chandrayaan milik negara itu menemukan bukti keberadaan air di bulan.

Kita sebagai warga terus menerus berharap pemerintah kita serius mengejar ketertinggalan kita diberbagai bidang. Sudah bukan jamannya lagi kita bersandiwara dan berpura-pura sukses menyelenggarakan pemerintahan. Alhasil setiap tahun kita selalu dipermalukan oleh ketertinggalan kita dari bangsa-bangsa lain. Maju terus Indonesia. (Admin) 


About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.