Indonesia Borong Helikopter Black Hawk Untuk Pertahanan

Isi Konten Lama

Boleh dibilang ini langkah yang cukup baik dalam rangka memperkuat armada tempur Indonesia. Setelah mengkoleksi pesawat tempur jenis Sukhoi dari militer Russia, kini Indonesia dalam proses pembelian helikopter jenis Sikorsky UH-60 Black Hawk. Rencananya helikopter jenis ini akan dibeli sebanyak 20 unit.

Sebenarnya Indonesia ingin membeli helicopter jenis Boeing AH-64 Apache Longbow, namun dikarenakan adanya kenaikan harga jenis helikopter tersebut maka pilihan dijatuhkan kepada helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk.

Menurut Jane’s Defence, perbedaan utama Black Hawk dan Apache pada fungsi asasinya. Apache murni untuk serang udara-darat atau (jika perlu) udara-udara memakai peluru kendali –semisal– AIM-9X Sidewinder atau AGM-65 Maverick; sehingga dia tidak bisa difungsikan sebagai helikopter transport pasukan.

Black Hawk –versi Angkatan Darat dari seri U-60– didedikasikan untuk membawa pasukan, evakuasi medik, pengawalan udara, atau (jika perlu) bisa juga dijadikan helikopter serang udara-darat dalam skala terbatas. Kelemahan utama Black Hawk jika difungsikan untuk keperluan terakhir ada pada sistem jamming radar dan avionika lain ketimbang Long Bow.

Biarpun tidak mendapatkan jenis helikopter yang canggih dan daya tempur tinggi, dibelinya Black Hawk kiranya cukup untuk memperkuat pertahanan Indonesia untuk sementara ini. Maju terus Indonesia. (Admin)

KONTEN KADALUARSA

Salam Terima Kasih

Salam semangat. Terima kasih telah mengunjungi website ini. Indomangga Plus adalah website yang memiliki topik Techno – Kesehatan yang mengedepankan pembahasan kreatif dan solutif. Terkait dengan hal itu, admin membuat keputusan untuk melakukan perombakan pada artikel lama. Indomangga Plus memutuskan untuk meng-UPDATE untuk artikel yang masih relevan. Sedangkan artikel yang tidak relevan, admin memberikan tanda bahwa artikel tersebut SUDAH KADALUARSA.

Status Artikel Ini

Artikel yang Anda baca ini merupakan artikel kadaluarsa yang sudah tidak bisa di-UPDATE lagi. Sehingga artikel ini tidak dapat lagi dijadikan (1) sumber referensi yang baik, (2) rekomendasi untuk melakukan suatu hal, dan (3) hanya menjadi koleksi artikel lama di Indomangga Plus.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.