Facebook.com, Raksasa Jejaring Sosial

Website ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang. Dialah Facebook, website jejaring sosial yang paling populer di bumi. Dari mulut ke mulut, dari orang ke orang atau bahkan dari satu pasangan ke pasangan lain. Dan lihatlah sekarang, website besutan Mark Zukerberg ini menjelma menjadi perusahaan raksasa dengan aset jutaan dollar.


Bermodalkan jargon utama sebagai tempat media sosial terbaik, Facebook sebenarnya mengutamakan media internet sebagai salah satu tempat untuk berkomunikasi. Tentunya jika ingin bersaing di jajaran website yang mengangkat judul komunikasi maka “kecepatan” adalah faktor yang diperhitungkan. Selain cepat, sebagai jejaring tentulah “ekosistem” jejaring juga harus diperhatikan. “Ekosistem” yang dimaksud adalah member website dan fasilitas website.

Sebagai raksasa jejaring sosial, facebook memiliki jutaan member yang tersebar di penjuru dunia. Pengguana utama facebook berada di negeri USA (Amerika Serikat). Disusul India, Brazil dan Jerman. Negara di benua Afrika yang menganut kepopuleran facebook adalah Mesir, dengan demikian lengkap sudah seluruh benua di bumi; Afrika, Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia dan Australia.

Keunggulan:

  1. Facebook mengusung salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu berkomunikasi. Komunikasi ala facebook membuat batas-batas antar negara menjadi hilang. Tidak perlu paspor, tidak memerlukan SKCK untuk bisa menikmati berkomunikasi antar negara.
  2. Facebook memberikan penawaran yang bagus, yaitu Facebook is Free. Lagi-lagi gratis menjadi kata kunci untuk memenangkan persaingan. Memang begitulah adanya, kata gratis menimbulkan kesan pro-user dan mengerti kebutuhan pelanggan
  3. Tampilan halaman Google mudah dimengerti. Tampilan halaman-halaman tersebut tidak banyak muatan, simple dan tidak noise. Tampilan yang sederhana membuat menu mudah dimengerti oleh user.
  4. Sosialisasi fitur baru yang bagus.
  5. Halaman site memiliki akses yang cepat.

Keunikan:

  • Facebook tetap mengadakan perngembangan dan diversifikasy produk mereka namun tetap dengan mengedepankan jargon mereka.
  • Facebook tidak pernah menghentikan layanan gratis.
  • Facebook mengembangkan diri dengan merangkul beberapa perusahaan mobile untuk menampilkan fitur facebook di produk mereka.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.