Pijat Refleksi Perut Kembung Secara Tradisional

pijat refleksi mabuk kendaraan

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah PERUT KEMBUNG, atau bahkan pernah mengalami gangguan tersebut. Ternyata, perut kembung dapat mengganggu berlebih apabila tidak segera disembuhkan. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Pijat Refleksi Perut Kembung” dan beberapa hal terkait itu. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru Indomangga tentang Pijat Refleksi Sakit Telinga dan Pijat Refleksi Nafas Bau.

Berikut ini merupakan gambar panduan pijat refleksi perut kembung, bertujuan untuk meredakan kembung di area perut dengan menekan titik refleksi kaki dan tangan. Klik gambar untuk memperoleh gambar yang lebih jelas.

pijat refleksi perut kembung

Keterangan:
– nomor pada gambar merupakan urutan yang pijat
– gambar berwarna merah merupakan daerah titik syaraf yang dipijat
– pijat refleksi ini bisa dilakukan sendiri namun ada baiknya dengan tuntunan dari yang berkompeten

Cara Melakukan Pijat

Pijat Refleksi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang sudah dipercaya. Bisa kita lihat banyak orang tua atau manula, terjaga kesehatannya meskipun ekonomi serba tidak cukup. Di Asia Timur seperti Jepang, China, atau Korea Selatan. Orang tua berumur 80 tahun, masih kaut berjalan jauh, salah satu bebabnya adalah mereka mengenal titik refleksi. Walaupun tidak dibukukan, ajaran titik refleksi berlangsung turun temurun. Saat ini, pijat refleksi tumbuh pesat di daerah perkotaan dan laris. Karena pasien ingin kesembuhan penyakit sekaligus pegal-pegal di badan hilang.

Ada dua macam cara yaitu memijat daerah refleksi memakai jari tangan atau menggunakan alat bantu untuk menekan titik-titik refleksi. Pemijat terlatih/profesional hanya menggunakan jari tangan saja. Karena jemari pemijat sudah terbiasa untuk menekan dan menemukan titik refleks yang ada di tubuh. Sedangkan untuk pemijat pemula biasanya menggunakan alat bantu, baik berupa kayu ataupun plastik, untuk menjaga kualitas tekanan pada titik refleksi.

Titik refleksi terletak pada bagian kaki, tangan, dan juga wajah. Letaknya bisa berbeda-beda tergantung pada keluhan yang diderita. Semua titik refleks merupakan tempat-tempat yang diyakini sebagai titik syaraf yang berhubungan dengan tempat sakit/keluhan pasien. Para pemijat pemula atau bagi yang tidak hafal sebaiknya melihat gambar tutorial dari gambar internet atau media lain.

Prinsip Menggunakan Alat Pijat Refleksi

Alat pijat sekarang semakin banyak dan beragam. Mulai dari yang elektrik hingga yang tradisional. Namun, tidak semua alat pijat memberikan hasil yang maksimal. Dalam pijat refleksi,prinsip yang paling utama adalah penekanan pada titik-titik refleksi. Prinsip ini juga berlaku dalam memilih peralatan untuk pijat. Alat pijat refleksi terbaik adalah yang membantu menekan titik refleksi secara tepat. Bukan alat yang sekedar memberikan tekanan ringan, membuat geli, kemudian tidak ada hasil. Beberapa alat sederhana yang terbuat dari kayu sangat membantu. Adapula yang berupa alat pijat getar yang membuat area refleksi merespon. Kedua jenis alat ini sangat direkomendasikan dalam pijat refleksi.

Sebaran Titik Refleksi

Titik refleksi banyak terdapat di tangan dan kaki, namun tidak semua berada di kedua tempat itu. Bisa saja terletak pada daerah wajah, punggung, atau dada. Mengapa demikian? Titik refleksi sebenarnya tempat yang dipercayai sebagai ujung syaraf sensorik yang terhubung dengan daerah sakit/keluhan.

Misalnya seorang yang ambien dipijat di daerah kaki, karena pemijat meyakini bahwa sebenarnya di daerah kaki terdapat titik tempat syaraf yang mempengaruhi daerah keluhan ambien. Titik refleksi adalah tetap dan bisa dipetakan, namun pakar pijat refleksi bisa berbeda pandangan sesuai dengan resep rahasia mereka.

Kombinasi Pijat Refleksi Dan Bekam

Bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah dari area tersebut. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya.

Menurut keyakinan umat Muslim, bekam adalah salah satu pengobatan yang paling ideal bagi mereka,dan terbaik bagi umat Nabi Muhammad, kemudian di dalam berbekam, terkandung kesembuhan dan terdapat kebaikan. Berbekam sangat pula diyakini oleh umat Muslim dapat meringankan otot yang kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang di bekam.Berbekam itu diyakini pula menjadi penetral ketegangan emosi seseorang.

Di beberapa negara, para profesional pijat mengkombinasikan pijat refleksi dengan bekam. Istilah yang digunakan adalah “Full Massaging” alias pijat sekujur tubuh. Hasilnya adalah pasien merasa lebih baik, lebih ringan bergerah, dan mereka meyakini bahwa mereka akan sembuh setelah berpijat dan berbekam. Namun, bekam tidak seperti pijat refleksi yang bisa dilakukan sendirian. Bekam harus dibantu oleh orang lain yang ahli.

Reflexology Vs Obat Medis

Dibandingkan dengan pengobatan medis dan ramuan herbal, pijat refleksi bersifat saling melengkapi. Jika secara medis memberikan obat-obatan yang membantu memperkuat ketahanan tubuh, maka pijat refleksi memberikan rasa nyaman pada tubuh (hilang pegal) sekaligus meningkatkan respon ketahanan tubuh. Pada sakit tertentu, obat medis dapat dengan cepat menyembuhkan, utamanya infeksi.

Efek samping yang ditimbulkan oleh pijat refleksi hampir tidak ada, terkecuali salah pijat. Jika terjadi salah pijat, efek yang muncul adalah penyembuhan yang lambat dari seharusnya. Berbeda dengan obat-obatan kimia, yang setiap penggunaanya wajib sesuai takaran. Efek samping obat kimia pun langsung pada gejala sakit lain, misalnya mual, muntah, jantung berdebar kencang.

Kesembuhan Setelah Pijat

Pijat refleksi bekerja secara sinergis dengan tubuh. Tekanan pada syaraf membuat respon tubuh kita membaik, dan menghilangkan kekakuan pada tubuh. Efek positif pada sistem koordinasi tubuh, memicu tubuh lebih cepat menyembuhkan diri, sehingga penyakit yang dikeluhkan hilang tanpa menimbulkan efek samping.

Trik Mempercepat Kesembuhan

Cepat sembuh dari penyakit yang diderita adalah sebuah harapan pasien. Proses kekembuhan ini dapat dipercepat dengan tingkah laku tertentu. Dan memang terbukti amalan (tingkah laku) tertentu dapat mempercepat penyembuhan disamping melakukan proses pengobatan utama. Nah, Selain dengan melakukan pijat refleksi perut kembung, proses penyembuhan dapat lebih cepat dengan amalan berikut. (1) Berpikir positif dan bersyukur, (2) Berdoa untuk kesembuhan diri sendiri dan orang lain, (3) memperbanyak sedekah, (4) berlaku santun dan mendoakan orang tua, (5) makan makanan bergizi, (6) memperbanyak konsumsi vitamin B. Semoga enam amalan tersebut selalu membawa pembaca dalam kesehatan.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah pijat refleksi mampu meringankan perut kembung, disamping pengobatan medis, ramuan herbal dan bekam. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.