Mencoba Jejaring Google+

Google+ merupakan layanan jejaring dari Google yang dibentuk untuk menyaingi Facebook. Ketika Google menilai keberadaan facebook sebagai rival dengan jumlah pengguna yang tiba-tiba meledak, Google merancang facebook tiruan dengan mengusung berbagai kelebihan baru.


Google bukanlah perusahaan asal-asalan dalam merangcang sebuah skema produk, lihatlah produk google yang lain, yang pasti dilibatkan dalam fitur-fitur Google+. Sejenak kita absen dulu produk bawahan Google;

1. Gmail; anak cabang google yang melingkupi jasa layanan e-mail
2. GTalk; pengembangan google yang merambah didunia chatting
3. Google Search; bawahan google yang memberikan layanan pencarian website
4. Blogger; anak cabang Google yang bergerak dibidang layanan blog dan penjualan domain web
5. Picassa; pengembangan google dalam bidang sharing photo
6. Google Drive; pengembangan dari google docs ang memberi kemudahan sharing file
7. Google Earth & Google Map; pengembangan dibidang pemindaian wilayah di penjuru bumi
8. Adwords & Adsense; melayani pengiklanan
9. Chrome; pengembangan google dari sisi software browser
10. Youtube; perusahaan yang baru saja dibeli oleh google yang melayani sharing video

Sederet anak cabang tersebut pastilah akan mendukung keberadaan Google+, Tim Indomangga mencoba membuat akun untuk mengintip menu-menu yang ada di Google+. Syarat membuat akun di Google+ cukup sederhana, cukup membuat satu akun Google yang diawali oleh pembuatan akun Gmail.

Pertama kali masuk, kita akan disodori beberapa data yang harus kita isi untuk ditampilkan di profil kita. Setelah mengisi form kita dianjurkan untuk menambahkan teman dan komunitas. Dan jadilah sudah akun Google+ kita. Sekarang kita mencoba mencermati menu-menu yang ada pada tampilan Google+;

Tampilan Google+ terlihat elegan dengan warna yang tidak mencolok, sehingga menampilkan kesan damai di hati pengguna. Terdapat “NavBar Google” (gambar deretan menu dgn back hitam), yang menampilkan berbagai layanan dari anak cabang Google.

Head dari halaman adalah mesin pencari Google+ (berbeda dengan Google Search), memungkinkan user mencari berbagai hal yang ada dalam Google+; entah itu user, komunitas, dll. Mesin pencari G+ bersanding dengan ID pengguna G+.
Menu Bar di sebelah kiri merupakan rentetan menu G+ diantaranya Home, Profile, Explore, Event, Photo, Community, Circle, dan 4 menu lain yang terangkum di pilihan More.
Bar di sebelah kanan merupakan tempat untuk mengirim chat dengan teman kita yang sedang online, di sertai pula dengan menu Hangout. Chat di G+ diklain lebih baik dalam menampilkan gambar ataupun suara.

Itulah pengalaman pertama Tim Indomangga ketika mencoba menjajaki layanan jejaring Google+ yang diklaim sebagai pesaing Facebook. Namun demikian, Facebook masih tetap memiliki pangsa pasar yang besar di indonesia.

KONTEN KADALUARSA

Salam Terima Kasih

Salam semangat. Terima kasih telah mengunjungi website ini. Indomangga Plus adalah website yang memiliki topik Techno – Kesehatan yang mengedepankan pembahasan kreatif dan solutif. Terkait dengan hal itu, admin membuat keputusan untuk melakukan perombakan pada artikel lama. Indomangga Plus memutuskan untuk meng-UPDATE untuk artikel yang masih relevan. Sedangkan artikel yang tidak relevan, admin memberikan tanda bahwa artikel tersebut SUDAH KADALUARSA.

Status Artikel Ini

Artikel yang Anda baca ini merupakan artikel kadaluarsa yang sudah tidak bisa di-UPDATE lagi. Sehingga artikel ini tidak dapat lagi dijadikan (1) sumber referensi yang baik, (2) rekomendasi untuk melakukan suatu hal, dan (3) hanya menjadi koleksi artikel lama di Indomangga Plus.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.

2 Komentar

Komentar ditutup.